Siapakah Pembantai Klan Uchiha Sebenarnya?

Bagi sebagaian besar pembaca manga atau yang mengikuti anime Uzumaki Naruto, pembantai klan Uchiha adalah Itachi, kakak dari Sasuke. Hal demikian adalah yang sedari awal Masashi Kishimoto ceritakan ke semua pembaca dan pemirsa versi Animenya.

Tapi apakah demikian? Apakah memang hanyalah Itachi Uchiha sendiran? Pada awal2 Itachi memang sudah terlibat sebagai double agent, agen dari Klan Uchiha sendiri dan Agen dari Konoha, dengan status yang demikian itu, maka Itachi bisa tahu detail keduanya. Klan Uchiha sendiri mulai menyadari akan hal itu, makan diutuslah kawannya Uchiha Sishui, tapi diluar dugaan klan Uchiha sendiri, Shishui juga memilih bergabung dengan Itachi untuk melawan rencana Makar dari Klan Uchiha ini.

Logo Klan Uchiha HQ
Logo Klan Uchiha
Dan bahkan kemudian Uchiha Sishui memilih bunuh diri karena tidak kuat mengemban tugas itu, kemudian Mata Sishui diberikan ke Gagak Itachi dan yang satunya dipakai Danzou. Bahkan Obito sangat menginginkan mata ini, dan sangat marah ketika mata ini telah dihancurkan oleh Danzou sebelum Danzou tewas dalam peperangan melawan Sasuke.

Genjutsu dari Mangekyou Sharingan mata Sishui ini dikenal dengan Kotoamatsukami, sebuah Genjutsu manipulasi pikiran yang sangat powerful. Genjutsu ini juga yang digunakan Itachi untuk mengalahkan Kabuto dan membuat Kabuto mengahiri Edo Tensei.

Kembali ke Siapa Pembantai Klan Uchiha sebenarnya. Dibagian2 lain mulai diceritakan, kalau dalam Genosida Uchiha ini, Itachi ternyata dibantu oleh Danzō Shimura dan juga Tobi (Saat itu, Obito mengenalkan diri sebagai Tobi) diceritakan bahwa Tobi selain dendam dengan Desa Konoha, juga mempunyai dendam dengan Klan Uchiha sendiri. Hal itulah yang mendasari Tobi membantu Itachi dalam Genosida tersebut. Saat itu, Itachi sangat percaya jika Tobi adalah Uchiha Madara.

Sebelum melakukan pembantaian klan Uchiha itu, Itachi meminta Hokage ketiga (Hiruzen) menjauhkan sasuke dari Danzō Shimura dan juga Koharu Utatane dan Homura Mitokado dan tidak menceritakan kejadian sebenarnya kepada Sasuke.

Akan tetapi hal detail yang belum terungkapkan adalah, apakah Itachi ikut andil dalam pembantaian masal Klan Uchiha? Banyak juga informasi kalau sebenarnya yang Itachi bunuh hanyalah kedua orang tuanya. Sedangkan member Uchiha yang lain dibunuh oleh Tobi/Obito. Bagaimana menurutmu?

3 Comments

  1. Kalau mau dicermati lagi, Itachi tidak menggunakan mata Sishui saat melawan Kabuto.
    Mata sishui ada 2, 1 ada di danzou (saya lupa apakah danzou menghancurkan mata tersebut).
    Yang kedua ada di mata gagak itachi. Seingat saya, mata itu dihancurkan oleh itachi baca seri 552 (ini terjadi sebelum itachi bertarung dengan kabuto & mengakhiri edo tensei).
    Kabuto dikalahkan oleh Itachi menggunakan “Izanami”, & edo tensei di akhiri oleh itachi dengan melihat kedalam pikiran kabuto (mencari tahu caranya).

    Coba baca seri 552, 580 – 589

    1. Betul. Satu di Danzou dan satu di Gagak Itachi.

      Yang di Danzou matanya telah dihancurkan sebelum Danzou terbunuh, karena Danzou tau Mata Sishui ini akan di pakai Tobi (saat itu belum ketahuan siapa Tobi) dan sepertinya Tobi dan Danzou juga ada deal2 khusus

      Pemahaman kami. Izanami Itachi ini mata Sishui. Karena Izanami Itachi ini adalah pasangan dari Izanagi Sishui

      CMIIW

  2. Jd begini mgkn mksd nya, yg sebenarnya adalah mata shisui digunakan itachi sblm brtarung dgn kabuto, yaitu menggunakan gagak yg dikeluarkn dr mulut naruto(krna pernah di beri itachi ke naruto sblm nya) disitu itachi melepaskn diri dari pngaruh atau membebaskn diri dari edo tensai mnggunakan mata shisui, stlh terbebas kmudian itachi membakar gagak yg bermata shisui itu dgn ameterasu. Klo pas bertarung dgn kabuto saat bersama sasuke, itachi mnggunakan izanami, dan mnggunakan tsyukyome untuk menghilangkn smua edo tensai yg di bngkitkn kabuto. Itu yg benar gan

Leave a Reply

Your email address will not be published.